Jumat, 03 Januari 2014

Keputusan Yang Tak Pernah Disesali


Pada saat aku memutuskan berhenti kerja, banyak mata yang memandangku dengan ekspresi yang berbeda.

Beberapa teman bilang, “Jadi ibu RT itu membosankan, kesepian, dan merana karena kehilangan kebebasan”.

Beberapa teman bilang, “Sangat menyedihkan untuk meninggalkan atribut kecantikan dan jadi wanita butek yang lupa berdandan karena sibuk mengurusi anak”

Beberapa teman bertanya, “Apakah memang suami kamu sanggup sendirian menunjang beban financial keluarga yang berat, apalagi dengan kenyataan anak akan bersekolah?”

Sejujurnya, aku sama sekali tak pernah memikirkan masalah penampilan, atribut-atribut, gengsi, dan lain-lain..yang kupikirkan apakah memang semua pengorbanan ini layak dan sepantasnya diberikan?Dan aku juga tau, sekali melangkah, tidak akan ada jalan untuk kembali lagi ke kondisi sebelumnya, take it and face it..never turning back.

Dan ternyata, keputusan ini memang tidak akan pernah disesali..

Melihat dan ada pada saat anak tumbuh dan berkembang memberikan kenangan tersendiri, menumbuhkan rasa cinta, meski terkadang kita lelah hati, frustrasi dan merasa tak mampu.

Zhose seperti mengambil role sebagai pelindung (the protector) dan Greg seperti penyembuh (the healer)..ketika aku sakit atau sedih, Zhose bertanya dan mencari cara supaya aku kembali sehat dan Greg berbaring bersamaku dengan pandangan mata tak berdosanya…how precious!

Ketika pembantu akhirnya pergi, dalam kelelahan bekerja, ketika anak-anak bangun, mencari mamanya dan menemukannya…senyum kebahagiaan yang terpancar itu adalah obat lelah yang tiada duanya.

Kepasrahan dan kepercayaan yang diberikan dengan tanpa dosa oleh anak kepada kita adalah harta dari Tuhan yang kadang kita tak paham nilainya. .ketika merasakan, baru kita mengerti, itupun kalau kita memilih untuk mengerti.


Cinta tidak pernah bisa digantikan dengan materi, cinta seringkali menyakitkan, melelahkan, tapi selalu memberi kekuatan yang membuat kita bangkit berdiri dari setiap keputusasaan.

Tidak ada komentar: